Tuesday, June 15

Apakah Benar Ridwan Kamil Akan Mencalonkan Diri Sebagai Ketua DPD Golkar?

Berita Terbaru Politik – Ujang Komarudin selaku Direktur Eksekutif Kajian Politik Indonesia mengatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil didesak Partai Golkar untuk memimpin DPD Partai Beringin di Provinsi Jawa Barat. Ia mengatakan, hal itu bertujuan mengamankan Emil di Pilgub Jabar.

Apakah Benar Ridwan Kamil Akan Mencalonkan Diri Sebagai Ketua DPD Golkar

Kemarin saya mendengar kabar bahwa ada rencana kalau Ridwan Kamil akan bergabung dengan Golkar. Lalu dia mengaku banyak didekati dan sebagainya. Bahkan dari keterangan saya, saya mendapat informasi dari teman-teman di DPP Golkar bahwa Ridwan Kamil akan mengisi jabatan tersebut. posisi sebagai ketua umum DPD Golkar, apakah untuk pemilihan presiden atau pilgub? Mungkin hanya mengamankan Pilgub saja ujarnya.

Ridwan Kamil Dianggap Hanya Maju di Pilgub

Menurut dia, Emil hanya diamankan Golkar di level Pilgub, bukan pilpres. Pasalnya, jika Emil bergabung dengan Golkar dan menjadi ketua DPD, ia harus menandatangani pernyataan mendukung Ketumnya di DPP untuk menjadi calon presiden. Partai Golkar pasti akan didukung oleh ketua umum Airlangga. Karena itu untuk peluang calon presiden masuk Golkar sangat kecil. Tapi kalau untuk posisi gubernur ya karena hari ini Ridwan Kamil tidak punya pesta dan selalu bergerak, katanya.

Apalagi kecil kemungkinan Emil bisa dibawa ke Pilgub DKI Jakarta. Ini karena pertempuran di ibu kota berbeda dalam hal energi, pemikiran, dan biaya. Apalagi Ridwan Kamil adalah orang Sunda yang masuk ke Jakarta belum tentu diterima. Berbeda dengan Tri Rismaharini. Tapi kalau Risma masuk Jakarta, dia diterima karena etnis terbesar di Jakarta adalah Jawa jadi konsumsi politiknya seperti itu, saya lihat,”kata Ujang.

Jadi Jakarta belum tentu menang juga, jadi kalau pindah ke Jakarta belum pasti menang untuk apa. Lebih baik bela diri di Jabar, jelasnya. Menurut dia, Emil diincar partai Pilgub Jabar karena sudah memiliki modal sebagai incumbent. Dia juga bisa mengatur logistik. kalau incumbent masih punya dana yang cukup brati jadi masih mungkin untuk maju Gubernur. Karena incumbent sendiri partai yang memiliki power yang cukup kuatĀ  tambahnya.

Ridwan Kami Menepis Kabar Tersebut

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat Ridwan tersebut faktanya membantah informasi mengenai rencana dirinya akan bergabung dengan Partai Golkar. Namun, dia mengaku sudah mendapat tawaran untuk memimpin sejumlah partai di tingkat Jabar. Informasinya tidak benar, kalau benar sejak kemarin Musda ada gerakan. Tidak ada, ujarnya. Yang bisa saya katakan adalah ini, saya ditawari untuk memimpin partai di Jawa Barat. Ada beberapa. Tapi saya tidak bisa memenuhi semuanya, karena saya berkonsentrasi penuh untuk memastikan kerja Gubernur Jabar sesuai sumpah saya. baik dan lancar katanya.

Saat ini konstelasi mengenai agenda politik masih belum menjadi topik utama, karena fokusnya saat ini adalah menangani pandemi Covid-19 dan bencana di musim hujan. Jadi infonya salah, jangan dikutip lagi. Kita fokus ke perencanaan per-covidan, kalau untuk masuk Golkar tidak benar, ucapnya.

Dari informasi yang didapatkan, kabar rencana Ridwan Kamil merapat ke Golkar yaitu dari Ujang Komarudin. Menurut dia, posisi politik di partai penting untuk memasuki pencalonan presiden pada 2024. Hal ini juga terkait kemungkinan penundaan jadwal Pilkada, sedangkan Ridwan Kamil akan habis masa jabatannya pada 2023.

Saya dengar Ridwan Kamil punya rencana untuk menjadi Ketua DPD Golkar Jabar. Dengan begitu artinya kang emil sudah paham apa yang akan terjadi. Daripada tidak mempunyai jabatan, jadi Ketua Umum Golkar menjadi pilihan yang cocok katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *